Nusantara Project di Peru

Nusantara Project merupakan salah satu program AIBPM, di mana mahasiswa dari berbagai universitas dari beberapa negara bekerja bersama dalam beberapa team untuk memecahkan masalah dari sebuah perusahaan dan membuat paper yang selanjutnya akan dipresentasikan di konferensi.

Nusantara Project Edisi Keenam ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2018. Terdapat beberapa universitas yang berpartisipasi, seperti universitas dari Indonesia, Kuwait, Peru dan India.

Nusantara Project pun dipublikasikan di salah satu website universitas di Peru di mana 3 orang mahasiswanya berpartisipasi.


Mahasiswa Manajemen Memecahkan Tantangan Perusahaan Internasional



Sejak bulan April lalu, mahasiswa Christell Almanza, Ruth Powosino dan Jorge Luis Siesquen, dikoordinasikan oleh Profesor Miguel Córdova, berpartisipasi dalam edisi keenam Nusantara Project, kegiatan akademik yang dipromosikan oleh Asosiasi Bisnis Internasional dan Manajemen Profesional - AIBPM, organisasi internasional ini didedikasikan untuk penyelidikan komunikasi bisnis, pendidikan, pelatihan dan praktek manajemen profesional.

Dalam Proyek ini, mahasiswa kami memiliki kesempatan untuk menjadi konsultan dan memecahkan masalah logistik perusahaan-perusahaan Asia, bersama dengan rekan-rekan dari berbagai negara seperti Mesir, Indonesia, India, dll. Kewajiban mereka dalam project ini yaitu mereka mencari informasi dari perusahaan, untuk membuat diagnosis yang nantinya akan mengarah ke makalah akademis, yang akhirnya disajikan.

Jorge Siesquen mendapat kesempatan untuk menghadiri kasus anak perusahaan Integra Group of Indonesia, produsen furnitur kayu di wilayah itu. Untuk bagiannya, Ruth Powosino meninjau kasus Nissan di kantor pusatnya di Kuwait dan Christell Almanza melakukan hal yang sama untuk DHL Indonesia.

Pengalaman itu membantu mereka bertiga untuk mengembangkan soft skill mereka, karena mereka harus senantiasa berhubungan dengan teman-teman mereka di belahan dunia yang lain, pada saat-saat yang tidak biasa, dan berkomunikasi sepanjang waktu dalam bahasa Inggris; Sebagai tambahan mereka juga bisa mengeksplor pengetahuan mereka tentang isu-isu yang berkaitan dengan manajemen, terutama logistik dan pemasaran, dan belajar dari topik yang tidak terlihat di lingkungan kita.

Pengiriman grup terakhir dari peserta kami diberikan bulan Juni, dengan judul-judul berikut:

Improving the inventory management in PT Integra Indocabinet supply-chain (Jorge Siesquen)
How ethics affects in logistics (Ruth Poworino)
The Business model of logistics Case study: DHL Global Forwarding Iraq (Christell Almanza)

Hasil ini dipresentasikan oleh rekan-rekan mereka pada pertemuan yang diadakan pada bulan itu di Indonesia, dan mereka akan diberitahu jika akan diterbitkan oleh AIBPM.

Fakultas Manajemen mengucapkan selamat kepada tiga mahasiswa atas performa mereka, menunjukkan kemampuan internasional mereka, serta Profesor Miguel Córdova yang telah membimbing dan mendukung mereka dalam latihan ini.

Nusantara Project Edisi Ketujuh akan diadakan pada bulan Oktober-Desember 2018.

Souce: http://facultad.pucp.edu.pe/gestion-direccion/noticias/estudiantes-de-gestion-resuelven-retos-de-empresas-internacionales/

Comments

Popular posts from this blog

The Second Annual Research Symposium Best Paper

2018 Gorontalo ICPM "Emerging Technology & Business Innovation in the Global World"